Sambutan Dekan Fakultas Ilmu Budaya

 

Assoc. Prof. Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd

 

Bismillahirrohmannirrohim,

Assalamualaikum Wr.Wb, Shalom, Salam Sejahtera, Om Swasyastu, Namo Budaya, Salam Kebajikan.

 

Para mahasiswa baru yang berbahagia,

Atas nama sivitas akademika Fakultas Ilmu Budaya, pertama-tama saya mengucapkan selamat berbahagia atas diterimanya Saudara-saudara sebagai mahasiswa baru di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Komputer Indonesia.

 

FIB Unikom terdiri dari Program Studi Sastra Inggris dengan peringkat akreditasi “Baik Sekali” berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 12814/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/XII/2021 dan Program Studi Sastra Jepang  dengan peringkat akreditasi “A” berdasarkan  Keputusan BAN-PT  No.2532/SK/BAN-PT/SURV-BDG/S/VII/2019.

 

FIB Unikom menekankan pada kualitas, relevansi, serta kompetensi yang merupakan tiga aspek pendidikan tinggi yang saling berkaitan dan mempunyai kontribusi langsung pada peningkatan daya saing bangsa dalam bidang sumber daya manusia. Oleh karena itu, FIB Unikom berperan aktif dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Beberapa bentuk kegiatan pembelajaran yang ditawarkan dalam program MBKM ini turut diimplementasikan kepada mahasiswa. Kegiatan pemagangan/praktik kerja, pertukaran pelajar, dan proyek kemanusiaan adalah beberapa bentuk kegiatan pembelajaran yang telah diimplementasikan oleh mahasiswa FIB Unikom.

 

FIB Unikom memiliki tenaga pendidik yang berkualitas dan berpengalaman sesuai dengan profesinya, serta tenaga kependidikan yang kompeten di bidang pelayanan dan informasi demi kelancaran proses pendidikan. Kurikulum Program Studi di lingkungan FIB Unikom disusun berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yakni knowledge, skill, attitude, behaviors, values, dan ethics yang  menjadi Outcomes Based Education dalam capaian pembelajaran dan kompetensi. Berbagai prestasi tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional telah diraih oleh sivitas akademika FIB Unikom. Lulusan FIB Unikom bekerja di berbagai sektor pekerjaan baik swasta maupun pemerintah di dalam dan di luar negeri, serta menjadi wirausahawan.

 

FIB Unikom menjalin kerjasama dengan berbagai institusi serta dunia usaha dan dunia industri (DUDI) di dalam dan luar negeri. Berbagai sarana serta prasarana modern dan representatif yang tersedia di FIB Unikom seperti ruang kelas, labratorium bahasa, laboratorium komputer, akses WIFI untuk mahasiswa, empat Jurnal Ilmiah, yaitu Apollo Project (Jurnal Prodi Sastra Inggris) dan Janaru Saja (Jurnal Prodi Sastra Jepang) yang telah Terakreditasi Sinta; Mahadaya (Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya); serta ABSAH (Jurnal Pengabdian bidang Sosial Humaniora), dan fasilitas lainnya dapat menunjang keberhasilan dalam merealisasikan visi, misi, tujuan, serta sasaran FIB Unikom demi tercapainya outcome yang bermutu di bidang ilmu bahasa,  sastra, budaya, dan teknologi informasi komunikasi.

 

Sebagai Dekan, saya berpesan agar Saudara memiliki motivasi yang kuat untuk menyelesaikan studi tepat pada waktunya dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada seoptimal mungkin. Kesempatan tidak akan datang dua kali, karena itu gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Pendidikan adalah paspor untuk masa depan, karena hari esok adalah milik mereka yang mempersiapkannya hari ini. Selamat bergabung menjadi sivitas akademika Fakultas Ilmu Budaya Universitas Komputer Indonesia.

 

Dekan,

Assoc. Prof. Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd